Torii (Gerbang Pintu Masuk) Kuil Itsukushima

| Selasa, 03 Juli 2012
Kali ini aku mau bahas tentang Torii atau Gerbang pintu masuk Kuil Itsukushima dipulau Miyajima/Itsukushima.
Berkas:Itsukushima torii.jpg



Torii merupakan salah satu bangunan bersejarah milik budaya jepang. Torii Kuil Itsukushima didirikan pada tahun 1875, dengan tinggi 16 meter , dan dibuat di tengah laut sehingga terkesan mengambang ,saat air surut kita bisa kesana. Torii ini adalah pintu pemisah antara dunia jahat dan suci, bila kita ingin ke kuil Itsukushima, kita harus melewati gerbang ini dahulu.
Ada kepercayaan jika kalian menaruh koin di antara 2 kaki gerbang ini maka permintaan terkabul, adapun selain itu, saat surut , banyak orang yang mengambil kerang untuk di makan.
Kuil Itsukushima adalah kuil agama shinto, Didirikan lebih dari 1.400 tahun yang lalu dan menjadi bagian UNESCO.

Pulau Miyajima atau Itsukushima dahulu adalah pulau yang di sakrakalkan, bahkan orang tua renta dan ibu hamil tua di larang memasuki pulau itu
karena tidak di perbolehkan adanya kematian dan kelahiran di sana. Tahukah kamu ? kuil ini juga di buat di atas air / seperti dermaga, karena menurut kepercayaan, air adalah elemen suci, sedangkan tanah elemen kotor.


Kuil ini di buat untuk tiga putri Susano-o no Mikoto, dewa laut dan badai yang juga merupakan saudara dari dewa matahari, Amaterasu (Dalam anime naruto, Amaterasu adalah kemampuan istimewa yg dimiliki oleh clan Uchiha dgn cara membunuh sahabatnya sendiri ). Torii disangga empat tiang penopang agar berdiri stabil di atas pasir pantai. Seluruh konstruksi Torii berada di atas tanah.


Tanpa fondasi , dan hanya mengandalkan beban torii, torii beberapa kali melakukan perombakan

0 Komentar:

Next Prev
▲Top▲