Tips : Memindahkan Aplikasi Android di Memori Intern ke SD Card Non-Root

| Kamis, 26 April 2012
Assalamualaikum! :o

Artinya biar aplikasi android yang phone memory bisa dipindain  ke micro sd, setelah saya cari2 dibeberapa official tips2 android gitu & forum2nya, akhirnya ketemu juga caranya dan ternyata sangat berguna untuk User Android yg ngga mau ngutak-ngatik Androidnya sampe ke Super User (Root) .
Banyak aplikasi2 yg pake memori internal untuk tempat default installnya, makanya pake cara ini biar memory internalnya awet dan aplikasi yg rese bisa dipindain ke SD card.
Cara ini udah dicoba di Samsung Galaxy Mini Pop Plus ku yg kapasitas memory internalnya kurang gede dan berhasil, Caranya gampang" susah :

Note:
Cara ini saya pake di Smartphone GT-S5570I Produknya Samsung, untuk Produk android dari HTC, Nexian, IMO, Sonny.. belum tau deh
Cara ini saya pake di Notebook dengan OS Windows 7 Ultimate 64bit
untuk OS lain, idem sama yang diatas "belum tau deh"
dan 1 lagi, kalau gak bisa, smartphonenya rusak/semacamnya, yang punya blog ini gak bakal tanggung jawab tapi bakal bantu sebisanya, maka dari itu,
Bacanya jangan tanggung-tanggung atau separo separo ya gan xD


1. Install Android Smartphone mu di PC, gak tau cara installnya? sambungin Android mu ke PC lewat USB.
nanti dia install sendiri, atau install Samsung Kies (Biasanya ada di dus Hpnya, bentuknya CD kecil)

2. Download ADB dan Java Run Time juga Java JDK,

Bikin new folder, rename jadi adb terus ekstrak file download tadi di folder adb dan taruh di C:\Users (biar gampang)

3. Buka folder adb di C:\Users\adb, install adb.exe

4. Buka Command Prompt (Cmd.exe) start > all program > accessories > klik kanan command prompt > run as admin *kalau kamu bukan admin, gpp kok*




ketik di command prompt :
 cd C:\Users\adb  lalu enter, biarin dulu jangan di close

5. Sekarang pindah ke androidnya,
Pilih Setting > Application > Development > Checklist USB DebuggingTunggu setengah menitan, inget  'Tunggu' bentar karna nanti ada ngeinstall drivernya lagi bentar

6. Balik lagi ke Command prompt


ketik:
adb devices terus ini :
adb shell pm setInstallLocation 2

7. Uncheck USB Debugging di Androidnya, lepas kabel USB  terus buka task manager di PC, kill adb.exe nya . Selesai

> Cara ini "sedikit" meringankan memory internal, kalo mau "banyak" ada cara ekstrimnya, lebih beresiko (Pro Users), dan kalo kalian install widget yg berekstensi ".apk" sebaiknya jgn dimove ke SDcard, tapi move to phone baru deh muncul dipilihan widget <

Contohnya Twitter sama FB default installnya di Intern memory, selesai dikasih cara tadi, bisa di move ke SD card :) tapi untuk Gmail, YouTube, Google Search dan beberapa lainnya memang gak bisa di pindahin karna udah dari stock ROMnya yang ujung2nya mesti diroot juga *yee gimana sih, wkwk xD





Maaf kalau berantakan, Sumbernya dari Google dengan ditambahin sedikit biar lebih jelas



0 Komentar:

Next Prev
▲Top▲