Tips : Bikin Hotspot lewat Notebook tanpa software di Windows 7/8

| Jumat, 24 Februari 2012
Sekarang mau share cara buat hotspot nih pake Cmd/Command Prompt
Sumber koneksi + Barang yang aku pake yaitu :
Modem Huawei E220, kartunya Broadband Indosat 3.5g
Notebook Asus K43U E450 Windows 7 Ultimate SP1 x64
Notebook Dell XPS M1330 Windows Vista Home Premium x64
Netbook Lenovo ThinkPad X100e Windows 7 Home Premium x86
BB/Android untuk tes wifinya

Langkah-langkahnya:

1.
Buka Command Prompt atau cmd ( Start -> Ketik 'cmd' -> klik cmd.exe -> klik kanan 'Run As Administrator)



2. 
netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid="bebas" key=bebas min. 8 karakter
Kalau udah ke buka, ketik :
netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid="My Hotspot" key=87654321
<=
Lalu enter sampe keluar tulisan ini : 
The .... set to allow
The .... successfully changed
The .... key passphrase .... succesfully changed


*ssid="Fahmi-kun hotspot" <= bisa diganti namanya asal harus diapit dua kutip kaya gini "nama"
*key=87654321 <= ini password untuk ngeakses wifi mu nanti, bisa diubah terserah asal min. 8 karakter*

3.

pilih koneksi yang kita pake, klik kanan - klik properties
Dibawah 'Allow other network to connect' pastiin kalian milih Wireless Net Connection 2/3/4!

Pergi ke Control panel -> Network & Internet ->Network & Sharing center ->
Di sisi kiri klik change adapter setting ->Terus cari Adapter yang kamu pake buat Konek ke internet ->
Klik kanan, properties lalu pilih tab 'Sharing' ceklist deh yang "Allow other network...." *ikutin gambar.

4.
netsh wlan start hostednetwork

Terus putusin *pacarmu :D* koneksimu dan konekin lagi.
Balik lagi ke Command Prompt tadi, ketik :
netsh wlan start hostednetwork <= sampe keluar tulisan "The host.... started"

5.
Tested on Blackberry

Silahkan cek wi-finya pake HP yang ngedukung wi-fi atau PC,
Untuk berhenti menggunakan Hotspot, ketik :
netsh wlan stop hostednetwork <= sampai ada tulisan "The host... stopped"
  
Plusnya (+)
  • Murah, gak bikin BSoD kaya connectivy, Full version alias permanent dari windows (keluaran 2011++),D
Min (-)
  • Range pancarannya masih sekitar 10m doang.
  • Kaya ngapalin rumus ya hahah
gak mau repot ngetik gitu terus"an tiap kali mau pake hotspot? Dowload filenya disini
setup wifi:
-ekstrak file
-di dalam file hasil ekstrak klik kanan set hotspot 'Run As Admin' selanjutnya ikutin step 3
start wifi:
-di dalam file hasil ekstrak klik kanan start hotspot 'Run As Admin'
stop wifi:
-didalam file hasil ekstrak klik kanan stop hotspot 'Run As Admin'
key untuk konek pada cara setup diatas yaitu 87654321, kalau mau dirubah balik lagi ke step 1

Update!
*Note : kalau pas ngetik netsh wlan start hostednetwork keluar tulisan the hostednetwork couldn't be started. A Device attached to the system is not functioning Artinya wireless kamu belum diaktifin atau Fn + F2*biasanya* kalau netbook/notebook kamu gak ada tombol switchnya.
Beda lagi kalau ini the hostednetwork couldn't be started bla bla bla home group. Kalau ini kamu harus set ulang tipe koneksi kamu. Tipe koneksi ada 3 : Public, Work, & Home Network.
nah, biar bisa sharing kamu pilih yang public *gambarnya kursi gitu deh*
Kalau masih ngga bisa, artinya laptopmu ga di lengkapin Driver Microsoft Virtual WiFi Miniport Adapter, atau si Mikocok virtual wifinya salah nomer, cobain ke wireless connection selain wireless connection 2, bisa 3/ bisa 4/ bisa 5/, rajin bismillah juga ya

Update Pakai program
http://dl.dropbox.com/u/35705403/Portable/virtualwifi.exe
Link diatas adalah link untuk lebih memudah dlm membuat hotspot via win 7
lanjutnya silahkan baca komen dibawah :)

6 Komentar:

{ Muhammad Anwari Ramadhan } at: Jumat, 20 Juli 2012 09.35.00 WIB mengatakan...Reply

sebenarnya saya telah membuat file exe yang simple untuk membuat hotspot di vista / 7
link-nya: http://dl.dropbox.com/u/35705403/Portable/virtualwifi.exe
file asli: http://dl.dropbox.com/u/35705403/Portable/virtualwifi.bat
http://blog.odydasa.web.id/2011/06/22/membuat-virtual-hotspot-di-win7/

{ Fahmi Kun } at: Jumat, 20 Juli 2012 21.28.00 WIB mengatakan...Reply

Hmm.. Nanti saya masukin kesini ya :) mungkin bagi akan lebih mudah jika pakai yg sudah di programming :D

{ Gita ajja } at: Jumat, 19 Oktober 2012 17.41.00 WIB mengatakan...Reply

ane dah coba di win 8 ane buat ngoneksiin si robot .
emang ke baca sih, tapi pas di konekin, ga mau tersambung, habis verifikasi masukin passowrd, ada bacaan autentikasi habis itu disconect .
-__-"

{ Fahmi Kun } at: Jumat, 19 Oktober 2012 23.18.00 WIB mengatakan...Reply

win 8 yang udah release ya ? ._. ane coba trik ini di w8 consumer preview sama dev preview :o

{ ukli.stkm } at: Minggu, 09 Desember 2012 00.59.00 WIB mengatakan...Reply

obtaining Ip adress.... melulu .....
ane test di win8 pro

{ Muhammad Badriansyah Putra } at: Senin, 24 Desember 2012 08.03.00 WIB mengatakan...Reply

selalu obtaining ip terus, saya juga coba di win 8 pro

Next Prev
▲Top▲